Beranda > Computer > Mengembalikan Password User di Windows XP

Mengembalikan Password User di Windows XP

Pada komputer, terutama jiak komputer tersebut digunakan oleh beberapa user, biasanya terdapat beberapa account user dengan tipe account yang berbeda dalam sistem operasinya. Misalnya administrator, limited, ataupun sekedar guest. Jika suatu saat Anda perlu mengubah sesuatu pada sistem operasi anda, tentu anda perlu mengakses sistem operasi tersebut menggunakan account user administrator atau user dengan hak administrator. Kalau anda ingat password yang anda gunakan, tentu tidak masalah. Tetapi kalau anda lupa password-nya, berikut ini salah satu cara yang mungkin bisa anda gunakan. memang cara ini belum tentu berhasil disemua PC, namun siapa tahu berhasil di PC anda. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Hidupkan komputer anda dalam keadaan Safe Mode.
  2. Setelah tiba di user menu, pilih salah satu user yang tidak diproteksi password atau yang anda ingat passwordnya.
  3. Setelah masuk ke sistem operasi, klik [start] > [Run] dan ketikkan “CMD” dan tekan tombol OK atau Enter.
  4. Setelah jendela command prompt terbuka, ketikkan “C:\windows\System32” (tanpa tanda petik), dengan asumsi sistem operasi anda terinstal di drive C:\ dan nama folder tempat instalasinya adalah “Windows”.
  5. Demi keamanan, sebelum mengubah password administrator, ada baiknya anda melakukan backup terhadap file dengan nama logon.scr. Caranya adalah mengetikkan perintah “Copy logon.scr logon.bak” (tanpa tanda petik).
  6. Berikutnya adalah ketikkan perintah “copy cmd.exe logon.scr”.
  7. Untuk mengubah password administrator, dari direktori c:\windows\system32 tadi, ketikkan perintah : “net user administrator 1234”. dengan contoh tersebut, password milik user administrator akan dirubah menjadi 1234. Tentunya password baru tersebut dapat anda ubah sesuka hati. Selain itu anda juga dapat mengubah password user yang terdaftar lainnya.
  8. Setelah itu dilayar akan muncul perubahan password sudah berhasil dilakukan. Kalau sudah restart komputer anda dan cobalah login dengan user yang telah dirubah passwordnya.

Langkah-langkah di atas merupakan salah satu cara untuk mengubah passaword adaministrator atau user lain yang ada di sistem operasi Windows XP.

Jika anda tidak berhasil membuka password administrator windows XP dengan langkah-langkah di atas, masih ada satu jalan pintas lain yang masih bisa anda lakukan. Cara tersebut adalah dengan mereset password administrator menjadi kosong sehingga kita login dengan account administrator tersebut tanpa perlu memasukkan password-nya.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan tool bernama CHNTWP (Change NT Password), Utiliti CHNTWP tersedia di alamat http://home.eunet.no/pnordahl/ntpasswd/ dan dapat anda gunakan secara cuma-cuma. Selain dapat melakukan reset terhadap password setiap user yang ada sistem operasi berbasis Windows NT, anda juga tidak perlu mengingat-ngingat password lama masing-masing user.

Selamat Mencoba !

Iklan
Kategori:Computer
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: